Jumat, 15 Juli 2011

Rangkuman TV.3 jalur CB

Seperti yang sudah pernah saya sebutkan beberapa waktu yang lalu di thread yang lain, saya akan menuliskan rangkuman mengenai bagaimana caranya kita bisa menjalankan Tantangan 120 hari Versi 3, khususnya dalam hal menjual/mempromosikan produk2 Clickbank melalui YouTube.

Berikut tahapan atau langkah2 apa saja yang perlu kita lakukan:

1. Buat 3 akun Gmail (email lain juga boleh, namun amat saya sarankan kita gunakan gmail saja demi kelancaran usaha). Email address di gmail pada dasarnya boleh apa saja, namun ada baiknya kalau kita menggunakan nama yang mudah utk kita ingat, misalnya usahaCBsayakesatu@gmail.com, usahaCBsayakedua@gmail.com dan usahaCBsayaketiga@gmail.com. Akun2 gmail ini akan kita gunakan utk langkah kedua.

2. Buat akun YouTube sebanyak 3 buah. Isikan data2 asli anda disana. Username boleh anda gunakan nama apa saja, namun sebaiknya yang juga mudah diingat, dan sebisa mungkin mirip (atau bahkan sama persis) dengan nama website anda nantinya.

3. Beli paket hosting dan domain. Untuk paket hosting, tidak perlu yang berukuran terlalu besar, karena pada dasarnya hanya digunakan untuk URL Redirect. Nama domain juga sebaiknya mirip (atau bahkan sama persis) dengan username akun YT anda, namun kalau seandainya tidak juga tak apa-apa. Mengingat kita akan banyak sekali menggunakan teknik URL Redirect, ada baiknya kalau nama domain yang kita pilih itu singkat (1-2 kata saja). Namun kalau seandainya anda mau menggunakan nama domain yang agak panjang juga tidak apa-apa (resiko tanggung sendiri, hehehe... )

4. Buat akun di Clickbank.com (atau website2 affiliate lainnya). Untuk saat ini saya akan menganggap kita semua utk fokus di CB, dan bukan website affiliasi lainnya (nanti kalau sudah mahir di CB, bisa koq utk yang lainnya juga, pada dasarnya kita akan gunakan teknik dan langkah2 yang sama juga).

5. Pilih produk di Clickbank dan buat hoplink nya. Banyak rekan-rekan yang menyarankan utk memilih produk Clickbank dengan Gravity dan Popularity yang tinggi (kalau bisa diatas angka 100). Catat website vendor produk aslinya, hoplink asli anda, URL Redirect (yang nanti akan anda buat) di sebuah file excel, seperti yang dicontohkan oleh bu guru di salah satu video trainingnya.

6. Buat URL redirect semua produk2 Clickbank yang telah anda pilih tadi menggunakan tools di members area Asian Brain, yakni Affiliate Locker. Cara detil penggunaannya akan saya jelaskan kemudian nanti di postingan saya berikutnya. Catat semua URL redirect yang telah anda buat di file excel yang tadi disebutkan di langkah 5.

Catatan: langkah 4-6 diatas adalah satu proses yang sifatnya satu kesatuan...akan saya jelaskan lebih detil bagaimana caranya di postingan lain.

7. Persiapan membuat video: riset kata kunci utk masing2 produk yang akan di promosikan. Jadi kalau tadi di langkah 4 misalkan anda memilih 25 produk Clickbank yang akan dipromosikan, maka anda harus melakukan 25 kali riset produk yang berbeda-beda.
Untuk setiap produk yang akan dipromosikan, hasil riset kata kunci anda harus bisa menghasilkan 3 macam data berikut:
a. Title Video (dan kombinasinya sebanyak 3 buah)
b. Tags
c. Description

8. Persiapan membuat video bagian kedua: kumpulkan gambar/banner yang relevan utk masing2 produk. Gambar, teks dan animasi lainnya harus anda "godog" (campur) jadi satu, buat menjadi 1 buah video iklan. Jadi kalau tadi misalkan anda akan promosikan 25 jenis produk berbeda, maka nanti hasil akhir dari langkah ini adalah 25 video yang berbeda2 juga. Teknik utk menghasilkan video2 ini juga beragam, mulai dari video slide seperti yang diajarkan oleh bu guru, menggunakan jasa website seperti animoto, dan atau teknik pembuatan video profesional dengan flash seperti rekan kita mas nanang. Silahkan anda pilih sendiri yang mana ya...

9. Setelah video selesai dibuat, anda masih harus membuat variasi utk masing2 video sebanyak 3 buah. Jangan khawatir, cara membuat variasi tidaklah sesulit yang kita bayangkan koq...
Jadi kalau tadi kita sudah selesai membuat 25 video utk 25 jenis produk berbeda, karena masing2 kita buat 3 variasi, hasil akhirnya adalah 75 video yang kini sudah benar2 siap utk diupload ke akun YT kita.

10. Nah, tadi ingat kan, kalau kita buat 3 akun YT yang berbeda? Menggunakan contoh yang tadi, maka 25 video variasi A kita masukkan (upload) ke akun YT kita yang A, 25 video variasi B kita masukkan (upload) ke akun YT kita yang B, 25 video variasi C kita masukkan (upload) ke akun YT kita yang C. Begitu...

11. Bu guru menyarankan, agar kita membeli dan mengaktifkan views dari AB utk masing2 video sekitar 2 hari setelah video tsb di upload ke akun YT kita. Kita ikuti saja ya, saran bu guru? Jadi setelah kita upload video2 kita tadi itu, langkah berikutnya hanya tinggal mengaktifkan views dari AB saja.

12. Sudah selesai? BELUMMMMMM!!!!! Hehehehe...langkah terakhir ini sifatnya opsional alias boleh ya boleh enggak sih...yakni kita cari teman dan subscriber sebanyak2nya di YouTube. Add Friend, Add Subscriber, Comment disana-sini, dan lakukan Video Response yang banyak.

OK. Pada dasarnya, langkah2 diatas itulah jalur kita di TV3 CB. Cape ya, bacanya? Pusing barangkali? Hehehehe...saya yang nulis aja pusink, wkwkwkwkw... Apalagi menjalankannya ya? Hehehehe...

Yah, namanya juga usaha...gak ada yang gampang bung, semua juga perlu kerja keras, hehehe...

Tapi boleh tanya tuh sama senior2 kita yang sudah berhasil...tiap hari kerjanya dah tinggal mendulang dolar degh...NYAM!

Itu saja dulu, sekian dari saya, selamat membaca ya!

PS: Untuk beberapa langkah diatas masih perlu penjelasan mendetil, nanti akan saya posting lagi ya penjelasan lanjutannya...mungkin kalau saya sempat dan sedang baik hati, akan saya buatkan juga video trainingnya, seperti bu guru, wkwkwkw...tapi gk janji lho...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar